Kamis, 25 Oktober 2018

Apa itu Network (Internet) ?

Hasil gambar untuk bridge wifi png
Gambar 0.4

Network (Internet)

        Apa itu Network (Internet) ? Network (Internet) adalah Sebuah operasi sistem yang terdiri dari atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya untuk bekerja sama mencapai tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dar titik-titik (nodes) yang terhubunh satu sama lain, dengan kabel maupun tanpa kabel. Secara teknis, Internet atau International Working merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer didunia (Internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
     Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan miliyaran) informasi data yang dapat berupa text, graphic, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa ke perpustakaan tersebut kapan saja, dimana saja dan dari mana saja.
     Dari segi komunikasi Internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh, maupun dalam lingkaran perkantoran. Untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan Toplogy. Scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi 3, yaitu LAN, WAN, dan MAN. Perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung jaringan diantaranya adalah card jaringan.
       Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang dihubungkan satu sama lain dengan area yang terbatas/tertentu, yang ridak begitu luas, seperti didalam kantor dan gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer ti Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan Peer to Peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedeangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstatin.
       MAN (Metropolitan Area Network) adalah network dalam skala suatu kota. suatu jaringan dalam satu kota dengan transfer dan berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.
       WLAN (Wireless LAN) adalah suatu teknologi baru yang dapat dianggap sebagai penambah atau pengganti dari fungsi jaringan LAN yang ada sehingga pengguna tidak lagi dibatasi oleh kabel LAN untuk dapat masuk kedalam jaringan. Dengan menggunakan WLAN maka banyak sekali keuntungan yang diperoleh seperti mobilitas, fleksibilitas, produktivitas, dan sclabilitas dan tentunya masih banyak keuntungan lainnya. Sumber Klick Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar