Kamis, 25 Oktober 2018

Pengertian Motherboard dan Mainboard beserta komponennya

motherboard jaman now

Gambar 1.4
     Motherboard adalah tempat rangkaian komponen-komponen komputer lainnya dipasang, papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik komputer terangkai. Komponen yang biasa dipasang di motherboard antara lain :
Prosessor, BIOS, Memory, Interface Storage, Serial dan pararel port, Slot tambahan, dan seluruh piranti yang berhubungan dengan Device Periferal.
       Apa itu Device Periferal ? Device Periferal adalah semua komponen komputer yang dihubungkan ke motherboard, misalnya Monitor, Keyboard, Mouse, Speaker, dan Disk Drive. Motherboard menjadi satu salah satu perangkat utama yang penting pada komputer. Pada motherboard inilah perangkat-perangkat lainnya dipasangkan, sedangkan Mainboard adalah istilah lain yang biasa digunakan untuk menyebut Motherboard.

   Komponen yang ada di dalam Motherboard/Mainboard

Fungsi Motherboard, fungsi processor, fungsi memory, fungsi memory cache, fungsi hardisk, fungsi bus, fungsi vga, fungsi sound card

1. Prosessor
     Prosessor disebut juga Central Prosessing Unit atau CPU. Prosessor merupakan komponen di dalam motherboard yang paling penting. Letaknya didalam casing yang menempel diatas motherboard. Prosessor sering disebut otak utama komputer. Fungsinya adalah memproses data yang dimasukkan sesuai dengan instruksi yang telah diminta, mengontrol sistem, menentukan saat pengiriman data terjadi, menjalankan operasi aritmatika dan melakukan operasi logika. Alat inilah yang menjalankan perintah.
   Keberadaan Prosessor ini sangat berpengaruh menentukan tingkat kecepatan komputer saat mengolah data. Prosessor dibuat dengan teknologi silikon, isi dari prosessor adalah chip transistor dan komponen elektronik lainnya yang jumlahnya mencapai jutaan. Prosessor yang beredar di pasaran dalam perkembangannya ada tiga jenis, yaitu prosessor 12-bit, 16-bit, sampai dengan prosessor 64-bit yang terbaru. Prosessor yang beredar pada saat ini tersusun dari 32-bit seperti Intel Pentium, dan 42-bit seperti Intel Xeon dan kecepatan kinerja komputer dalam menjalankan intruksi yang diterimanya.

2. Memory
       Memory adalah ruang penyimpanan data sementara pada komputer. Ukuran memory bermacam-macam dari yang Kilobyte (KB), Megabyte (MB), Gygabyte (GB), Terrabyte (TB). Memory terbagi atas Main Memory (Penyimpanan memory utama) dan Backing Storage (Penyimpanan Cadangan). Main Memory dibedakan menjadi dua jenis yaitu ROM dan RAM.

   a. Main Memory
    Main Memory adalah komponen berfungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan memory berupa  data atau sebuah program, diantaranya adalah sebagi berikut :

1). Penyimpanan data yang berasal dari alat masukan atau input sampai dikirim ke ALU atau CPU            untuk diproses.
2). Data hasil dari pemrosesan ALU sebelum dikirim keluar ke output.
3). Menampung program atau intruksi yang berasa dari alat masukan atau dari alat pengingat                   sekunder.

Main memory dibedakan menjadi 2, yaitu:

 1) RAM (Random Access Memory)
    Pengertian RAM merupakan salah satu.memory yang dapat diakses oleh programmer untuk diambil isinya dan dapat diisi kembali. Memory ini dapat diisi sementara, sehingga akan hilang jika aliran listrik mati. RAM dibedakan menjadi 4, yaitu:

    a) Input Storage berfungsi menampung data yang dimasukkan melalui alat masukan.
    b) Program Storage berfungsi menyimpan semua instruksi program yang akan diproses.
    c) Working Storage berfungsi menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
    d) Output Storage berfungsi menampung hasil akhir dari pengolahan data yang dihasilkan.


Fungsi Motherboard, fungsi processor, fungsi memory, fungsi memory cache, fungsi hardisk, fungsi bus, fungsi vga, fungsi sound card

   2) ROM Only Memory
        Perbedaan ROM adalah dapat diambil dari dan isi dan diisi kembali, ROM hanya dapat dibaca oleh programmer. ROM bersifat permanen sehingga jika ada pemadaman listrik tidak akan hilang data atau file yang disimpan di ROM atau yang biasa disebut Basic Input Output System (BIOS).

   b. Backing Storage
        Backing Storage juga disebut Penyimpanan Cadangan. Alat ini merupakan tempat penyimpanan semua informasi non-aktif pada komputer. Dibedakan serial akses contohnya Tape Drive dan Dirrect Access, contohnya Magnetic atau Harddisk Floppy disk atau DVD.

 3. Cache Memory
    Cache memori merupakan perangkat untuk memindahkan intruksi program dan data antara penyimpanan primer dan prosessor dengan kecepatan tinggi. Cache memori RAM khusus yang kinerja nya sangat cepat sekali dan harganya pun sangat mahal. Biasanya Cache memori ditempatkan di antara RAM biasa dan Prosessor.

 4. Hardisk
   Hardisk merupakan media penyimpanan yang ada didalam CPU. Kapasitas hardisk sangat bervariasi, dipasaran sekarang ini berkisaran antara 4 Gigabyte hingga 200 Gigabyte. Kapasitas ROM dibawah 4 GB sudah sulit ditemukan. Selain hardisk media penyimpanan dapat berupa tempat dapat berupa Flopy Disk dan Flashdisk, semua media penyimpanan itu berada diluar CPU atau Eksternal.
 5. VGA Card / Kartu Grafis
    VGA pada komputer generasi kelima pemrosessan gambar ke layar hanya mengandalkan kerja prosessor. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sekarang telah tersedia VGA Card atau Video Grafik Array didesain untuk melakukan rendering secara 3D secara penuh, efisien tanpa perlu menggunakan prosessor lagi. 
      Kartu grafis yang ada saat ini telah menggunakkan prosessor sendiri yang disebut dengan Grafik Prosessor Unit. Sehingga beban yang dialami prosessor utama berkurang. Untuk memasang Kartu Grafis di motherboard harus disesuaikan antara jenis kartu grafis pada slot motherboard.

Sumber : Klick Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar